Rabu, 04 November 2015

SAP Metode Penelitian

SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)

 

 

 

Mata Kuliah                          : Metode Penelitian

Kelompok Mata Kuliah          : Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
Jurusan/Prodi                          : Ushuluddin/Tasawuf
Bobot SKS                              : 2 sks
Dosen Pengampu                    : Chafid Wahyudi, M.Fil.I

I.               Standar Kompetensi:
A.    Memahami tentang pengertian metode penelitian, cara meneliti dan menyusun penelitian
B.     Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan: pengertian dan jenis-jenis penelitian; tujuan dan peranan serta persyaratan penelitian; konsep dan metodologi penelitian.
C.     Mahasiswa memahami dapat menjelaskan: desain penelitian; perencanaan dan pelaksanaan penelitian; jenis disain penelitian; proposal penelitian; dsb

II.            Topik Inti:
No
Tema
1
kontrak kuliah
2
Pengertian dan urgensi metodologi penelitian: perbedaan metode dan metodologi, nilai keilmiahan,kerangka berfikir filosofisnya, tujuan, ruang lingkup dan urgensinya
3
Jenis-Jenis penelitian Ilmiah: penelitian menurut tujuan, metode, ekplanasi (penjelasan), jenis data dan analisis.
4
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif:pengertian, perbedaan dan langkah-langkanya. (Rifqil)
5
Rancangan Penelitian: Format dan unsur-unsur penelitian, keterkaitan antar unsur. (Misbah)
6
Masalah Penelitian: pengertian, sumber dan identifikasi masalah, latar belakang masalah, perumusan masalah dan prinsip-prinsip penentuan masalah. (Yusuf)
7
Tinjauan Pustaka: Pengertian, studi pendahuluan dan fungsinya; sebagai kerangka konseptual.
8
Kerangka Teori: Pengertian, fungsi dan pentingnya teori dalam penelitian. (Rukfah)
9
Metode penelitian: proses penggunaan metode, tahapan penelitian dan komponen metode; Teknik sampling, Menghimpun data dengan cara angket,
Teknik pengumpulan data: wawancara, pengamatan, dan dokumentasi dan Cara analisis data dan penarikan kesimpulan.
10
Penyusunan Proposal dan Pembuatan Laporan Penelitian: Pertimbangan Dasar Penyusunan Proposal, Prinsip-prinsip Penyusunan Proposal dan Pedoman Dasar Pembuatan Laporan Penelitian
11
Kutipan, catatan kaki, halaman dan bibliografi.
12
Evaluasi
13
Tugas rancangan proposal untuk skripsi

III.        Strategi pembelajaran
A.    Metode/teknik pembelajaran:
1.      Ceramah;
2.      diskusi;
3.      tanya-jawab;
4.      pemberian tugas makalah; 
5.      presentasi; dan
6.      preview dosen.
B.     Media/alat pembelajaran
1.      Papan Tulis
2.      Spidol
3.      Deskripsi atau kerangka umum;
4.      skema/bagan; dan
5.      slide in focus.
IV. Penilaian
A.    Jenis penilaian: penugasan, uts & uas
B.     StandarPenilaian:
1.      UTS: 20 %
2.      UAS: 40 %
3.      Tugas: 40 %
C.     Kehadiran minimal 70%

V. Referensi:
1.      Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003.
2.      L.J. Moleong, Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung; Penerbit Remaja Rosdakarya, 2001.
3.      Noeng Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta; Penerbit Rake Sarasin, 2000.
4.      Masri Singarimbun & Sofyan Efendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta:LP3ES, 2007.
5.      M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Erlangga, 1989.
6.      Nasution dan Thomas, Buku Penuntun Membuat Karya Tulis, Jakarta: Jemmar, 2001.
7.      Nana Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Bandung, Sinar Baru 1988
8.      Mukayat D. Brotowidjoyo, Metodologi Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta, Liberty, 1991
9.      Ben Agger, Teori Sosial Kritis: Kritik, penerapan dan Implikasinya, terj. Nurhadi Yogjakarta: Kreasi Wacana, 2003.
10.  Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992

11.  Sugiyono, Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alphabeta, 2005.

1 komentar:

  1. Alhamdulillah , sangat menarik dan menambah inspirasi, syukron.

    BalasHapus