BAB
I
PEMBAHASAN
A. Latar Belakang
Indonesia
adalah Negara di Asia Tenggara ini disebut sebagai tanah dengan populasi Muslim
tertinggi. Persentase Muslim Indonesia mencapai hingga 12,7 persen dari
populasi dunia. Dari 205 juta penduduk Indonesia, dilaporkan sedikitnya 88,1
persen beragama Islam.
Indonesia
menempati urutan nomer pertama dari sekian banyak negara Islam di dunia dengan
populasi muslim terbesar, padahal Indonesia bukanlah Negara berbasis Islam.
Urutan kedua adalah; Pakistan, India, Bangladesh, Mesir, Nigeria, Iran, Turki,
Algeria, dan urutan kesepuluh adalah Maroko.[1]
Perkembangan Islam di Indonesia yang
begitu pesat tidak bisa lepas dari catatan sejarah. Sejarah telah memotret dan
merekam semua yang telah terjadi di masa silam.
Proses-proses dan alur historis yang
terjadi dalam perjalanan Islam di Indonesia dalam hubungannya dengan
perkembangan Islam di Timur Tengah, bisa dilacak sejak masa-masa awal
kedatangan dan penyebaran Islam di Indonesia sampai kurun waktu yang demikian
panjang. Yaitu sejak terjadinya interaksi kaum Muslim Timur Tengah.[2]
Untuk mengungkap historis awal
kedatangan Islam di Indonesia, terdapat diskusi dan perdebatan panjang di
antara para ahli mengenai 3 masalah pokok; tempat asal kedatangan Islam, para
pembawanya, dan waktu kedatangannya. Ada 3 teori yang dipakai teori Gujarat,
teori Persia, dan teori Arabia.
3 teori yang saling mengunggulkan pada
masing-masing teori. Prof Azumardi Azra dalam bukunya yang berjudul “Jaringan
Ulama’ Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVII”
berpendapat: berbagai teori dan pembahasan yang berusaha menjawab ketiga
masalah pokok di atas jelas belum tuntas, tidak karena kurangnya data yang
dapat mendukung suatu teori yang ada. (Karena) terdapat kecenderungan kuat,
suatu teori tertentu menekankan hanya aspek-aspek khusus dari ketiga masalah
pokok di atas, sementara mengabaikan aspek-aspek yang lainnya.”
Dari latar belakang yang ada, pemakalah
berusaha me-narjih salah satu dari ketiga teori tersebut, mana yang
lebih unggul dari yang lainnya.
B. Rumusan Masalah
- Bagaimana Penjelasan Dari Ketiga Teori Tersebut?
- Teori Apa Yang Lebih Unggul?
BAB II
PEMBAHASAN
- Teori Kedatangan Islam di Indonesia
Menurut Sulasman dalam bukunya yang
berjudul “Sejarah Islam di Asia dan Eropa” beliau mengutip pendapatnya
Ahmad Mansur Suryanegara dalam buku yang berjudul “Menemukan Sejarah”,
beliau berpendapat: “Ada 3 teori yang menjelaskan kedatangan Islam ke
Indonesia.”[3]
Azyumardi turut berpendapat: “Terkait
kedatangan Islam di Nusantara, terdapat diskusi dan perdebatan panjang di
antara para ahli mengenai tiga masalah pokok; tempat asal kedatangan Islam,
para pembawanya, dan waktu kedatangannya. berbagai teori dan pembahasan yang
berusaha menjawab ketiga masalah pokok di atas jelas belum tuntas, tidak karena
kurangnya data yang dapat mendukung suatu teori yang ada. (Karena) terdapat
kecenderungan kuat, suatu teori tertentu menekankan hanya aspek-aspek khusus
dari ketiga masalah pokok di atas, sementara mengabaikan aspek-aspek yang
lainnya.”[4]
A. Teori Gujarat
Sejumlah sarjana, kebanyakan asal
Belanda, memegang teori bahwa asal mula Islam Nusantara adalah Anak Benua
India, bukannya Persia atau Arabia. (Menurut Azyumardi Azra), Sarjana pertama
yang mengemukakan teori ini adalah Pijnapple, ahli dari Universitas Leiden. Dia
mengkaitkan asal mula Islam di Nusantara dengan wilayah Gujarat dan Malabar.
Menurut dia, adalah orang-orang Arab bermadzhab Syafi’i yang bermigrasi dan
menetap di wilayah India tersebut yang kemudian membawa Islam ke Nusantara.[5]
Teori ini kemudian dikembangkan Snouck Hurgronje.[6]
Snouck Hurgronje mengatakan bahwa Islam
masuk ke Indonesia dari wilayah-wilayah yang terdapat di anak Benua India.
Tempat-tempat, seperti Gujarat, Bengali, dan Malabar disebut-sebut sebagai asal
masuknya Islam ke Indonesia. Teori tersebut berdasarkan pengamatan tidak
terlihatnya peran dan nilai-nilai Arab yang ada dalam Islam pada masa-masa
awal, yaitu pada abad ke-12 atau 13 M. Snouck juga mengatakan, teorinya
didukung dengan adanya hubungan yang sudah terjalin lama antara wilayah
Indonesia dengan daratan India.[7]
Moquette, seorang sarjana Belanda
lainnya, berkesimpulan bahwa tempat asal Islam di Nusantara adalah Gujarat. Ia
mendasarkan kesimpulan ini setelah mengamati bentuk batu nisan di Pasai,
kawasan utara Sumatra, khususnya yang bertanggal 17 Zulhijjah 831 H/27
September 1428. Batu nisan yang kelihatannya mirip dengan batu nisan lain yang
ditemukan di makam Maulana Malik Ibrahim (w. 822 H/1419 M) di Gresik, Jawa
Timur, ternyata sama bentuknya dengan batu nisan di Gujarat dihasilkan bukan
hanya untuk pasar local, tetapi juga untuk diimpor ke kawasan lain, termasuk
Sumatra dan Jawa. Selanjutnya dengan meng-impor batu nisan dari Gujarat,
orang-orang Nusantara juga mengambil Islam dari sana.[8]
Kesimpulan-kesimpulan Moquette ini ditentang
keras oleh Fatimi yang berargumen bahwa keliru mengaitkan seluruh batu nisan di
Pasai, termasuk batu nisan Malik Al Shalih dengan butu nisan di Gujarat.
Menurut penelitiannya, bentuk dan gaya batu nisan Malik Al Shalih berbeda
sepenuhnya dengan batu nisan yang terdapat di Gujarat dan batu-batu nisan lainnya
yang ditemukan di Nusantara. Fatimi berpendapat, bentuk dan gaya batu nisan ini
justru mirip dengan batu nisan yang terdapat di Bengal. Karena itu, seluruh
batu nisan itu pastilah di datangkan dari daerah itu. Ini menjadi alasan
utamanya untuk menyimpulkan, bahwa asal Islam yang datang ke Nusantara adalah
wilayah Bengal. Dalam kaitannya dengan “teori batu nisan” ini, Fatimi
mengkritik para ahli yang kelihatannya mengabaikan batu nisan Siti Fatimah (bertahun
475 H/1082 M) yang ditemukan di Leran, Jawa Timur.[9]
Dan ternyata teori Fatimi yang
dikemukakan dengan begitu semangat gagal meruntuhkan teori Moquette, karena
sejumlah sarjana lain telah mengambil alih kesimpulannya, dan yang paling
terkenal di antara mereka adalah: Kern, Winstedt, Bousquet, Vlekke, Gonda,
Schrike, dan Hall. Sebagian mereka memberikan argument tambahan untuk mendukung
kesimpulan Moqquette. Winstedt, misalnya, mengemukakan tentang penemuan batu
nisan yang mirip bentuk dan gayanya di Bruas, pusat sebuah kerajaan kuno Melayu
di Perak, Semenanjung Malaya. Ia berhujjah, karena seluruh batu nisan di Bruas,
Pasai, dan Gresik didatangkan dari Gujarat, maka Islam juga pastilah diimpor
dari sana.[10]
Teori yang berhujah menggunakan teori
batu nisan dibantah oleh Marrison. Marrison mematahkan teori ini dengan
menunjuk kepada kenyataan bahwa pada masa islamisasi Samudra Pasai, yang raja
pertamanya wafat pada 698 H/1297 M, Gujarat masih merupakan Kerajaan Hindu.
Barulah setahun kemudian (699 H/1298 M), Cambay, Gujarat ditaklukkan kekuasaan
Muslim. Jika Gujarat adalah pusat Islam, yang dari tempat itu para penyebar
Islam datang ke Nusantara, maka Islam pastilah telah mapan dan berkembang di
Gujarat sebelum kematian Malik Al Shalih, tegasnya sebelum 698 H/1297 M.[11]
Marrison mengemukakan teorinya bahwa
Islam di Nusantara bukan berasal dari Gujarat, melainkan dibawa para penyebar
Muslim dari pantai Coromandel pada akhir abad ke-13.[12]
Menurut Azyumardi Azra, Marrison
mendukung pendapat yang dikemukakan oleh Arnold. Bahwa dia (Arnold)
berpendapat, bahwa Islam dibawa ke Nusantara antara lain juga dari Coromandel
dan Malabar. Ia menyokong teori ini dengan menunjukkan kepada persamaan madzhab
fikih di antara ke dua wilayah tersebut. Mayoritas Muslim di Nusantara adalah
pengikut madzhab Syafi’i, yang cukup dominan di wilayah Coromendel dan Malabar,
seperti yang disaksikan oleh para ‘Ibnu Bathuthah ketika ia mengunjungi kawasan
ini.[13]
Arnold berpendapat, Coromandel dan
Malabar bukan satu-satunya tempat asal Islam dibawa, tetapi juga di Arabia.
Dalam pandangannya, para pedagang Arab juga menyebarkan Islam ketika mereka
dominan dalam perdagangan Barat-Timur sejak abad-abad awal Hijriah atau abad
ke-7 dan 8 Masehi.[14]
Pemakalah bisa menyimpulkan bahwa Arnold mendukung teori Arabia.
- Teori Persia
Teori kedua adalah teori Persia. Tanah
Persia disebut-sebut sebagai tempat awal Islam datang di Indonesia. Sandaran
teori ini, yaitu adanya kesamaan budaya yang dimiliki oleh beberapa kelompok
masyarakat Islam dengan penduduk Persia. Contohnya, peringatan 10 Muharram yang
dijadikan sebagai hari peringatan wafatnya Hasan dan Husain. Selain itu juga
beberapa sarapan bahasa yang diyakini berasal dari wilayah Iran, misalnya kata jabar
dari zabar, jer dari zeer, dan sebagainya. Teori ini meyakini
bahwa Islam masuk ke wilayah Indonesia pada abad ke-13 M. Adapun wilayah
pertama yang disinggahi adalah kawasan Samudra Pasai.[15]
- Teori Arabia
Teori ketiga, yaitu teori Arabia atau
teori Mekah. Teori ini merupakan kritik terhadap kedua teori yang telah
dipaparkan di atas. Teori ini menyebutkan bahwa Islam masuk ke Indonesia
langsung dari Mekah dan Madinah. Waktu kedatangannya pun jauh lebih awal dari
teori pertama dan kedua (abad ke-12 dan
13), yaitu pada abad ke-7 M. ini berarti, Islam sudah masuk ke Indonesia pada
awal abad Hijriah. Ketika itu, pemerintahan Islam masih berada di tangan Khulafaur
Rasyidin. Dalam sumber literatur Cina, disebutkan bahwa menjelang per empat
pertama abad ke-7 M, banyak terdapat perkampungan Arab-muslim di pesisir pantai
Sumatra. Di perkampungan ini dikabarkan bahwa orang-orang Arab tinggal dan
menikah dengan penduduk lokal, kemudian membentuk komunitas Muslim.[16]
Kitab sejarah Cina yang berjudul “Chiu
T’hang Shu” menyebutkan, perkampungan ini pernah mendapat kunjungan diplomatic
dari orang-orang Ta Shih (orang Arab) pada tahun 651 Masehi atau 31
Hijriah. Empat tahun kemudian, dinasti yang sama kedatangan duta (utusan) yang
dikirim oleh Tan mi mo ni’. Tan mi mo ni’ adalah sebutan untuk Amirul Mu’minin atau
pemimpin kaum muslim. Utusan Tan mi mo ni’, catatan tersebut menyebutkan
bahwa mereka telah mendirikan Daulah Islamiyyah dan sudah tiga kali berganti
kepemimpinan.[17]
Pada pertengahan abad ke-7 M,
berdiri beberapa perkampungan Muslim di wilayah Kanfu atau yang sekarang dikenal
sebagai Kanton. Beberapa catatan menyebutkan bahwa duta-duta Muslim juga
mengunjungi kawasan Zabaj, Sribuza, atau yang lebih dikenal dengan Kerajaan
Sriwijaya. Kenyataan ini bisa diterima, mengingat zaman itu adalah masa-masa
keemasan Kerajaan Sriwijaya. Tidak ada satu ekspedisi pun yang akan menuju ke
Cina dari kawasan Timur Tengah dan Gujarat, kecuali melewati selat Malaka dan
biasanya akan singgah terlebih dahulu ke Kerajaan Sriwijaya.[18]
Menurut Hikayat raja-raja Pasai
(ditulis setelah 1350), seorang syaikh Ismail datang dengan kapal dari Makkah
via Malabar ke Pasai – di sini ia membuat Merah Silau, penguasa setempat,
masuk Islam. Merah Silau kemudian mengambil gelar Malik Al Shalih yang, seperti
dicatat terdahulu, wafat pada 698 H/1297 M. seabad kemudian, sekitar 817 H/1414
M, menurut sejarah Melayu (ditulis setelah 1500), penguasa Malaka juga di
Islamkan oleh Sayid Abdul Aziz, seorang Arab dari Jeddah. Begitu masuk Islam,
penguasa itu, Parameswara, mengambil nama dan gelar Sultan Muhammad Syah.
Hikayat lain, diriwayatkan bahwa seorang
Syaikh Abdullah Al Yamani datang dari Makkah (atau Baghdad?) ke Nusantara dan
meng-Islamkan penguasa setempat (Phra Ong Mahawangsa), para menterinya dan
penduduk Keddah. Penguasa ini setelah masuk Islam menggunakan gelar dan nama
Sultan Muzhaffar Syah. Sementara itu, sebuah historiografi dari Aceh memberikan
informasi bahwa nenek moyang para sultan Aceh adalah seorang Arab bernama
Syaikh Jamal Al Alam, yang dikirim Sultan Utsmani untuk meng-Islamkan penduduk
Aceh. Sebuah riwayat Aceh lainnya menyatakan, bahwa Islam diperkenalkan ke
kawasan Aceh oleh seorang Arab bernama Syaikh Abdullah Arif sekitar tahun 506
H/1111 M.
Literatur kuno tulisan Buzurg bin
Shahriyar Ar Ramhurmuzi yang berjudul Aja’ib Al Hind, memberikan gambaran
bahwa ada perkampungan Muslim yang dibangun di wilayah Kerajaan Sriwijaya.
Hubungan Sriwijaya dengan Islam Timur Tengah terus berlanjut, hingga masa Umar
bin Abdul Aziz. Ibnu Abdur Rabbih dalam Al ‘Iqd Al Farid, yang dikutip
Azumardi Azra dalam buku yang berjudul Jaringan Ulama’ Timur Tengah dan
Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVIII, menyebutkan adanya korespondensi
yang berlangsung antara Raja Sriwijaya saat itu, yakni Sri Indravarman dengan
Khalifah Umar bin Abdul Aziz yang terkenal adil.[19]
BAB III
KESIMPULAN
1.
Teori untuk
mengungkap awal mula masuknya Islam di Indonesia ada 3:
a.
Teori Gujarat:
asal mula IslamIndonesia adalah Anak Benua India.
b.
Teori Persia:
asal mula Islam Indonesia adalah Tanah Persia
c.
Teori Arabia:
asal mula Islam Indonesia adalah Makkah dan Madinah.
2.
Teori yang
paling bisa dijadikan sebagai landasan adalah teori Makkah.
DAFTAR PUSTAKA
Azra,
Azyumardi, Jaringan Ulama’ Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII
& XVII, (Jakarta: Kencana, 2013)
Sulasman,
Sejarah Islam di Asa & Eropa, (Bandung: Pustaka Setia, 2013)
http://www.republika.co.id,
Senin, 28 September 2015 Pukul; 6:41
[1] http://www.republika.co.id, Senin, 28
September 2015 Pukul; 6:41
[2] Azyumardi Azra, Jaringan Ulama’
Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVII, (Jakarta:
Kencana, 2013), 1
[3] Sulasman, Sejarah Islam di
Asa & Eropa, (Bandung: Pustaka Setia, 2013), 299
[4] Azyumardi Azra, Jaringan
Ulama’ Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara Abad XVII & XVII, (Jakarta:
Kencana, 2013), 2
[5] Ibid, 2-3
[6] Ibid
[7] Sulasman, Sejarah Islam di
Asa …300
[8] Azyumardi Azra, Jaringan
Ulama’ Timur Tenga …3
[9] Ibid. 4
[10] Ibid. 5
[11] Ibid
[12] Ibid. 6
[13] Ibid
[14] Ibid
[15] Sulasman, Sejarah Islam di
Asa … 300
[16] Ibid. 300-3001
[17] Ibid. 301
[18] Ibid
[19] Ibid. 301-302
Tidak ada komentar:
Posting Komentar