Kamis, 10 September 2015

SEMINAR METODE PELATIHAN DAN TEKNIK PENULISAN KARYA ILMIAH

Foto Agendaku.com.

Al Fithrah-Kamis, 10 September 2015 Ma'had Aly Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah mengadakan pelatihan TPKI. acara tersebut dimaksudkan agar menumbuhkan semangat dan motivasi kepada mahasantri Ma'had Aly Al Fithrah di dalam tulis menulis secara benar dan baik.
Acara tersebut dimulai dan dibuka pukul 08.00 dengan tawasul yang dibawakan oleh Mas Abdul Wahid (Tasawuf VII), dilanjutkan dengan bacaan shalawat fii hubbi yang dipandu oleh Mas Akrom Said (Tasawuf VII) dan Kang Nur Mundi (Tasawuf V).
Setelah pembukaan selesai kemudian dilanjutkan dengan sambutan Mudzir Ma'had Aly Al Fithrah Surabaya, Ust. Fathur Rozi, M.H.I. di dalam sambutannya beliau sangat menaruh harapan besar kepada santri Ma'had Aly, khususnya kepada (kakak kelas saya) mahasantri semester VII, semoga dengan diadakannya pelatihan semacam ini bisa menumbuhkan semangat baru, motivasi baru tulis menulis, memberikan inspirasi kepada mahasantri yang sedang menghadapi masa-masa penulisan skripsi. Beliau sangat berharap, semoga bisa cepat selesai dan bisa wisuda bersama-sama".
setelah itu dilanjutkan dengan materi inti yang disampaikan oleh Dr. Idris Hemay dari Jakarta (kelahiran Pamekasan Madura).
Beliau menjelaskan bahwa metode penelitian itu ada 2: Metode Kuantitatif (berdasarkan statistik) dan kualitatif (buku dan wawancara).
Seorang peneliti harus mengetahui alur penelitian: 1. Usulan Penelitian 2. Rancangan Penelitian 3. Koleksi data 4. Pengolahan Analisis 5. Penulisan ilmiah.
Dan Mengapa perlu rancangan penelitian: 1. Agar menjadi pedoman dalam penelitian 2. supaya peneliti lebih focus 3. membantu penyusunan pertanggung jawaban.
***
Survei ada 2: Rendem dan Non Rendem
Rendem adalah survei secara acak
contoh: Kita ingin mensurvai Madrasah Aliyah Al Fithrah, sedangkan santrinya sebanyak 500 santri, kelas 1: 175 siswa, kelas 2 : 250 siswa, dan kelas 3: 75 siswa, bagaimana cara kita mensurvai? padahal kita cuman ingin mengambil 30 sampel saja?
Jawabannya: Pakai Exel
Begini caranya:
Jumlahkan (pakai rumus Exel). 175/500x30=11
Jumlahkan (pakai rumus Exel). 250/500x30=15
Jumlahkan (pakai rumus Exel). 75/500x30 =4.5
dari sini kita sudah mengetahui siswa dari kelas mana saja yang akan kita survei, tinggal kita mencari nama-nama dari setiap kelas yang akan disurvei.
Kita bisa menggunakan rumus: =Int(rnd)*75+1
***
SESI TANYA JAWAB:
P: Rekaman yang tidak diketahui tangal/bulan/tahunnya, apakah bisa dijadikan referensi? (Aang Tasawuf VII)
J: Bisa dijadikan sebagai referensi. cara penulisannya. DVD. Judu
l rekaman. Nama orang dalam rekaman
Contoh: DVD. Apa Itu Manaqib. KH. Achmad Asrori Al Ishaqy.
P: Bagaimana cara kita membuat sebuah laporan, sedangkan hasil pengamatan tidak sesuai dengan fakta yang ada?
J: Yang dibuat sebagai acuan adalah apa yang kita amati, bukan apa yang disampaikan pemerintah. dan ini bisa kita laporkan, bahwa kenyataannya tidak sesuai dengan apa yang dikatakan.
*Jadilah Peneliti yang Profesional tidak memihak kepada salah satu kelompok.
Wassalam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar