SAP &
SILABUS
KAIDAH-KAIDAH TAFSIR
AL-QUR'AN
A. Identitas Mata Kuliah
Nama
Mata Kuliah : Kaidah Tafsir II
Jurusan
: Ushuluddin
Prodi : Ilmu Al Qur’an dan
Tafsir
Kode/Status
MK : MPK
SKS/Semester : 2 SKS/ I
Hari/Jam/Ruang : Jum’at/ I
Nama
Dosen : Achmad Imam Bashori,
M.Th.I
NIP : -
Pangkat/Golongan
: -
Alamat
Rumah : Bulak Banteng Kidul Gg.
IX No. 9 Sby.
Alamat Kantor : -
B. DESKRIPSI MATAKULIAH :
Kaidah-Kaidah Tafsir adalah mata kuliah inti dan mata kuliah wajib bagi
mahasiswa Ilmu al-Qur’an dan Tafsir. Kaidah-Kaidah Tafsir
membahas berbagai cara dan metode serta kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an. Mata kuliah ini akan memberi pengetahuan dasar kepada mahasiswa tentang
kaidah-kaidah menafsirkan al-Qur’an sesuai dengan konstruksi mata kuliah yang
telah ditetapkan dan disepakati dan Mata kuliah ini mengkaji tentang
kaidah-kaidah ilmu al-Qur’an yang berhubungan dengan tata cara menafsirkan
al-Qur’an di antaranya adalah Pedoman Umum dalam penafsiran al-Qur’an, Kaidah
penafsiran yang berhubungan dengan kaidah bahasa, Kaidah penafsiran yang
berhubungan dengan hukum, kaidah yang berhubungan dengan ilmu-ilmu al-Qur’an.
C. INDIKATOR HASIL
BELAJAR
:
Mahasiswa mempunyai wawasan tentang Kaidah-Kaidah dalam menafsirkan
al-Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan al-Qur’an., Memiliki kemampuan
memahami macam-macam bentuk Kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an dengan pemahaman
yang mendalam, Menerima dengan kritis hakikat dari Kaidah-kaidah tafsir
al-Qur’an baik teori maupun praktek, Dapat menerapkan dan atau mengaplikasikan
konsep teoritis dan praktis setiap kaidah-kaidah yang telah dipelajari.
D. Standar Kompetensi :
1.
Mahasiswa mempunyai wawasan tentang
Kaidah-Kaidah dalam Ilmu-Ilmu al-Qur’an guna memahami dan mendalami kandungan
al-Qur’an.
2.
Memiliki kemampuan memahami macam-macam bentuk
Kaidah dalam menafsirkan al-Qur’an dengan pemahaman yang mendalam.
3.
Menerima dengan kritis hakikat dari
Kaidah-kaidah ilmu-ilmu al-Qur’an baik teori maupun praktek.
4.
Dapat menerapkan dan atau mengaplikasikan
konsep teoritis dan praktis setiap kaidah-kaidah yang telah dipelajari.
E. Strategi
Pembelajaran:
• Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
• Penugasan / Student Individual Task / Student Grouping Task / Performance
Penilaian atau Evaluasi :
1. Keaktifan dan Kehadiran : 20 %
2. Tugas-tugas/Paper/Student Task/Performance : 40 %
• Ceramah, Diskusi dan Tanya Jawab
• Penugasan / Student Individual Task / Student Grouping Task / Performance
Penilaian atau Evaluasi :
1. Keaktifan dan Kehadiran : 20 %
2. Tugas-tugas/Paper/Student Task/Performance : 40 %
3. Ujian Tengah
semester (UTS) : 15 %
4. Ujian Akhir Semester (UAS) : 25 %
J u m l a h : 100 %
4. Ujian Akhir Semester (UAS) : 25 %
J u m l a h : 100 %
KONSTRUKSI
PERKULIAHAN
No
|
Pertemuan
|
Materi
|
Uraian Materi
|
Indikator
|
Pola Penugasan
|
1.
|
I
|
Kontrak Perkuliahan
|
a.
Ta’aruf Latar belakang
masing-masing Mahasiswa.
b.
Kesepakatan kontrak perkuliahan,
matari perkuliahan, dan tata tertib
c.
Mendiskripsikan materi perkuliahan
secara umum dan tujuan yang dicapai
d.
Pembagian Kelompok Student
Individual dan Grouping Task
|
Membuat kelompok
diskusi
|
|
2.
|
II
Jumat, 18 September 2015 |
a.
Pengantar
tentang Kaidah-Kaidah Ilmu al-Qur’an (Defenisi dan Urgensinya)
b.
Bentuk-bentuk kaidah-kaidah secara sekilas
dalam penafsiran al-Qur’an.
|
|||
3.
|
III
Rifqil |
قواعد التفسير فى حالات وضوح الألفاظ القرآنية
|
1.
Pembahasan
tentang Wadih al-Dilalah
2.
al-Dzahir
3.
al-
Nash
4.
al-Mufassar
5.
al-Muhkam
|
1. Mengungkapkan
pengertian Wadih al-Dilalah
2. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Dzahir
3. Mengungkapkan
pengertian dan contoh al-Nash
4. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Mufassar
5. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Muhkam
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
4.
|
IV
Misbah |
1.
Pembahasan
tentang Mubham al-Dilalah
2.
al-Khafi
3.
al-
Musykil
4.
al-Mujmal
5. al-Mutasyabih
|
1. Mengungkapkan
pengertian Mubham al-Dilalah
2. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Khafi
3. Mengungkapkan
pengertian dan contoh al-Musykil
4. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Mujmal
5. Menyebutkan
pengertian dan contoh al-Mutasyabih
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
|
5.
|
V
Yusuf |
1. Pembahasan tentang Dilalah al-Fadz ala
al-Ahkam
2. Dilalah al-Ibarah
3. Dilalah al-Isyarah
4. Dilalah al-Nash
5. Dilalah al-Iqtidha’
|
1. Mengungkapkan
pengertian Dilalah al-Fadz ala al-Ahkam
2. Mengungkapkan
pengertian dan contoh Dilalah al-Ibarah
3. Mengungkapkan
pengertian dan contoh Dilalah al-Isyarah
4. Mengungkapkan
pengertian dan contoh Dilalah al-Nash
5. Mengungkapkan
pengertian dan contoh Dilalah al-Iqtidha’
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
|
6.
|
VI
|
UTS
|
|||
7.
|
VII
Rukfah |
قواعد التفسير فى حالات شمول الألفاظ القرآنية
|
Pembahasan tentang al-‘Am
|
2. pengertian al-‘Am
3. Shighah al-‘Am
4. Tahsih al-‘Am
5. Pembagian al-‘Am
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
8.
|
VIII
Rifqil |
Pembahasan tentang al-Musytarak
|
1. Pengertian al-Musytarak
2. Sebab-sebab terjadinya Musytarak
3. Menguraikan Dilalah Musytarak
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
|
9.
|
IX
Misbah |
Pembahasan
tentang al-Khash
|
1. Pengertian al-Khash
2. Menyebutkan Dilalah Khash
3. Menyebutkan macam-macam Khash
4. Menguraikann Dilalah macam-macam Khash
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
|
10.
|
X
Yusuf |
ضوابط الألفاظ القرآنية
|
al-Lahajat
wa al-Qira’ah
1. Lughah al-Qur’an
2. Ilmu al-Qira’at
3. Macam-macam Qira’ah dari segi sanadnya
|
1. Mengungkapkan dialek al-Qur’an
2. Menyampaikan khilafiyah lughah al-Qur’an
3. Menjelaskan ilmu qira’ah dan menyebutkan macam-macam
qira’ah al-Qur’an
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
11.
|
XI
Rukfah |
Naql
dan Tarjamah al-Qur’an
1. Makna Tarjamah
2. Syarat-syarat dan Aturan Tarjamah
3. Urgensi tarjamah al-Qur’an
|
1. Menjelaskan Naql dan Tarjamah al-Qur’an
2. Menjelaskan pengertian
Tarjamah
3. Menjelaskan syarat dan aturan Tarjamah
4. Menjelaskan urgensi tarjamah
al-Qur’an ke dalam bahasa selain arab
|
Dikembangkan dalam
bentuk makalah sesuai dengan kelompoknya
|
|
12
|
XII
|
UAS
|
Buku-Buku
Referensi Utama
1.
Abdurrahman
Nashir As-Sa`diy, Al-Qawa`id Al-Hisaan Li Tafsir Al-Qur’an,
(Kairo; Daar Ibnu Rajab 1423 H/ 2003 M).
2.
Khalid
Abdul Rahman al-Ak, Ushul At-Tafsir, (Baerut : Dar Al-Nafa'is),
cet.2, th.1986
3.
Khalid
Utsman Al-Sabt, Qawaid At Tafsiir Jam`an Wa Dirasah, (Mesir; Daar Ibnu
Affan).
4.
Muhammad Quraish Shihab, Kaidah
Tafsir, Jakarta : Lentera Hati, 2013
Anjuran
1.
Jalaluddin, Abd al-Rahman Abi Bakr al-Suyuthi, al-itqan fi al-Ulum
al-Qur’an, Beirut : Dar al-Kutub al-Ilmiyyah, 1991.
2.
Abbas Mahmud al-’Aqqad, al-Falsafah al-Qur’aniyyah, Beirut:: Dar
al-Kitab Lubnan. 1977.
3.
Abd al-Hay al-Farmawy, al-Bidayah fi al-Tafsir al-Mawdhu’iy, Mesir :
Dar al-Kutub al-Haditsah. 1978
4.
Abd Rahman Dahlan, Kaidah-Kaidah Tafsir, Jakarta : Amzah, 2010.
5.
Abu Zaid, Nasher Hamid, Mafhum al-Nash Dirasat fi ’Ulum al-Qur’an, Beirut:
Markaz Tsaqafi al-’Arabi. 1994.
6.
Al-Zarqani, Abd al-Adhzim, Manahil al-Irfan fi Ulum al-Qur’an, Beirut
: Dar al-Fikr, 1987.
7.
Ja’far Subhany, al-Manahij al-Tafsiriyyah fi ’Ulum al-Qur’an, Qum :
Mu’asasah al-Imam al-Shadiq. 1409.
8.
Komaruddin Hidayat, Memahami Bahasa Agama, Jakarta : Paramadina.
1996.
9.
Manna
Al-Qatthan, Mabahits Fii Ulum Al-Qur'an, Mansyuratul Ashri Al-Hadits,
Cet.3, Th.1983.
10.
Muhammad Husein al-Dzahabi, Tafsir wa al-Mufassirun, Mesir : Dar
al-Kitab. 1961.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar