SATUAN ACARA PERKULIAHAN (SAP)
Mata Kuliah :
Metode Penelitian
Kelompok Mata Kuliah : Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan (MKK)
Jurusan/Prodi :
Ushuluddin/Tasawuf
Bobot SKS : 2 sks
Dosen Pengampu : Chafid Wahyudi, M.Fil.I
I.
Standar
Kompetensi:
A.
Memahami tentang pengertian metode penelitian,
cara meneliti dan menyusun penelitian
B.
Mahasiswa memahami dan dapat menjelaskan: pengertian dan jenis-jenis
penelitian; tujuan dan peranan serta persyaratan penelitian; konsep dan
metodologi penelitian.
C. Mahasiswa memahami dapat menjelaskan: desain penelitian;
perencanaan dan pelaksanaan penelitian; jenis disain penelitian; proposal
penelitian; dsb
II.
Topik Inti:
No
|
Tema
|
1
|
kontrak kuliah
|
2
|
Pengertian dan urgensi metodologi penelitian: perbedaan metode dan metodologi, nilai keilmiahan,kerangka
berfikir filosofisnya, tujuan, ruang lingkup dan urgensinya
|
3
|
Jenis-Jenis
penelitian Ilmiah: penelitian menurut tujuan, metode,
ekplanasi (penjelasan), jenis data dan analisis.
|
4
|
Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif:pengertian,
perbedaan dan langkah-langkanya. (Rifqil)
|
5
|
Rancangan Penelitian: Format dan
unsur-unsur penelitian, keterkaitan antar unsur. (Misbah)
|
6
|
Masalah Penelitian: pengertian,
sumber dan identifikasi masalah, latar belakang masalah, perumusan masalah
dan prinsip-prinsip penentuan masalah. (Yusuf)
|
7
|
Tinjauan Pustaka:
Pengertian, studi pendahuluan dan fungsinya; sebagai kerangka konseptual.
|
8
|
Kerangka
Teori:
Pengertian, fungsi dan pentingnya teori dalam penelitian. (Rukfah)
|
9
|
Metode
penelitian:
proses penggunaan metode, tahapan penelitian dan komponen metode; Teknik sampling, Menghimpun data dengan cara angket,
Teknik
pengumpulan data: wawancara, pengamatan, dan dokumentasi dan Cara analisis
data dan penarikan kesimpulan.
|
10
|
Penyusunan Proposal dan Pembuatan Laporan Penelitian: Pertimbangan Dasar Penyusunan Proposal, Prinsip-prinsip Penyusunan Proposal dan Pedoman
Dasar Pembuatan Laporan Penelitian
|
11
|
Kutipan,
catatan kaki, halaman dan bibliografi.
|
12
|
Evaluasi
|
13
|
Tugas
rancangan proposal untuk skripsi
|
III.
Strategi pembelajaran
A.
Metode/teknik pembelajaran:
1.
Ceramah;
2.
diskusi;
3.
tanya-jawab;
4.
pemberian tugas makalah;
5.
presentasi; dan
6.
preview dosen.
B.
Media/alat pembelajaran
1.
Papan Tulis
2.
Spidol
3.
Deskripsi atau kerangka umum;
4.
skema/bagan; dan
5.
slide in focus.
IV. Penilaian
A.
Jenis penilaian:
penugasan, uts & uas
B.
StandarPenilaian:
1. UTS:
20 %
2. UAS:
40 %
3. Tugas:
40 %
C.
Kehadiran
minimal 70%
V. Referensi:
1.
Jujun S. Suriasumantri, Filsafat Ilmu: Sebuah Pengantar Populer, Jakarta: Pustaka Sinar
Harapan, 2003.
2.
L.J. Moleong, Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung; Penerbit Remaja Rosdakarya, 2001.
3. Noeng
Muhajir, Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta; Penerbit Rake
Sarasin, 2000.
4. Masri
Singarimbun & Sofyan Efendi, Metode Penelitian Survai, Jakarta:LP3ES,
2007.
5. M. Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Erlangga, 1989.
6.
Nasution dan
Thomas, Buku Penuntun Membuat Karya Tulis, Jakarta:
Jemmar, 2001.
7. Nana Sudjana, Tuntunan Penyusunan Karya Ilmiah, Bandung,
Sinar Baru 1988
8. Mukayat D. Brotowidjoyo, Metodologi Penelitian dan
Penulisan Karya Ilmiah, Yogyakarta, Liberty, 1991
9. Ben Agger, Teori Sosial Kritis: Kritik, penerapan dan
Implikasinya, terj. Nurhadi Yogjakarta: Kreasi Wacana, 2003.
10. Mathew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis Data
Kualitatif, terj. Tjetjep Rohendi Rohidi, Jakarta: UI Press, 1992
11. Sugiyono, Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alphabeta, 2005.
Alhamdulillah , sangat menarik dan menambah inspirasi, syukron.
BalasHapus